Yuk Bayar Infaq Dengan Mudah, Hanya di Sepulsa

Yuk Bayar Infaq Dengan Mudah, Hanya di Sepulsa

Infaq berarti mengeluarkan sebagian harta untuk segala kepentingan yang diperintahkan untuk ajaran islam. Infaq tidak memiliki nisab, jadi Anda bisa membayar infaq dengan nominal yang semampunya. 

Lalu apa yang membedakan sedekah dengan infaq? Jika ditinjau dari terminology syari’at, pengertian sedekah sama dengan infaq termasuk hukum dan ketentuannya. Hanya saja, sedekah memiliki arti luas, tak hanya menyangkut hal uang namun juga yang bersifar non materil.

Hadits Imam Muslim Abu Dzar, Rasulullah menyatakan bahwa jika tak mampu bersedekah dengan harta maka membaca tasbih, takbir, tahmid, tahlil serta melakukan amar ma’ruf nahi munkar adalah sedekah.

Salah satu jalan mensyukuri rizki adalah dengan mengeluarkan infaq. “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas (Karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS Al-Baqarah: 261).

3 Alasan Mengapa Anda Harus Bersedekah

1. Mendapat Doa Malaikat

Bayangkan saja jika setiap hari Anda didoakan oleh malaikat. Para malaikat ini akan mendoakan Anda agar diberi rezeki yang berlipat bagi orang-orang yang yang bersedia mengeluarkan hartanya untuk sedekah hari itu.

2. Sedekah bukan melulu soal uang, tapi juga setiap kebaikan yang kita lakukan

Jika berbicara tentang sedekah, sudah semestinya kita melakukannya setiap hari, walaupun tidak melulu berupa uang. Karena ada hadits yang berbunyi “Menahan diri dari perbuatan buruk itu merupakan sedekah.” (HR. Muslim)

Maka dari hadits di atas bisa terlihat berapa banyak bentuk sedekah. Namun memang lebih baik lagi jika kita mampu bersedekah berupa kebaikan dan juga menafkahkan sebagian harta untuk orang lain (infaq) setiap harinya.

3. Memperbesar kesempatan mendapat tiket ampunan dan tiket ke surga

Siapa sih yang tidak ingin mendapat tiket ke surga. Pastinya semua orang mau, maka dari itu jangan pelit untuk menyisihkan sedikit harta Anda untuk di sedekahkan kepada orang yang lebih membutuhkan.

“Dan bersegeralah kamu mendapat ampunan dari Tuhanmu dan kepada SURGA yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu luang maupun sempit” (QS Ali-Imran 133-134)

Landasan Infaq/ Sedekah

“….yaitu orang yang berinfaq di waktu lapang maupun sempit (QS Ali-Imran:134)

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (Al-Quran) dan melaksanakan shalat dan manginfakkan sebagian rejeki yang kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi” (QS 32:29)

“Setiap ruas jari-jari yang pada manusia itu bisa memberikan sedekah pada setiap hari yang diterbiti matahari. Berbuat adil diantara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Setiap langkah yang diayunkan untuk pergi shalat adalah sedekah. Dan menyingkirkan sesuatu yang dapat menggangu dijalan adalah sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Hikmah Infaq/ Sedekah

  1. Wujud keimanan kepada Allah SWT, mensyukuri nikmat, menumbuhkan akhlak mulia, ketenangan hidup, sekaligus mengembangkan hartaa yang dimilikinya.
  2. Membantu, menolong dan membina kaum dhuafa maupun mustahik ke arah kehidupan yang lebih sejahtera, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, terhindar dari kekufuran, memberantas sifat iri, dengi dan terjaga dari martabatnya ketika melihat orang yang kaya atau berkecukupan.

Ancaman Bagi yang Enggan Infaq/ Sedekah

  1. Berhak untuk diperangi (HR. Imam dan Bukhari)
  2. Harta bendanya akan hancur dan rusak (HR Imam Bazzar dan Baihaqi)
  3. Jika rasa enggan itu telah memasal, maka Allah SWT akan menurunkan azab-Nya dalam bentuk kemarau panjang (HR Imam Thabrani)

Panduan Bayar Infaq di Sepulsa:

  • Buka aplikasi Sepulsa
  • Login dengan akun Anda (jika sudah memiliki akun)
  • Pilih “Sepulsa Berkah”
  • Kemudian pilih “Infaq”
  • “Masukkan Nama Anda” (jika tidak ingin terlihat nama bisa memilih “Anonim”), “Nomor Handphone”, dan Memilih “Amil Zakat”
  • Pilih denom yang Anda inginkan
  • Lalu pilih “Metode Pembayaran” yang Ada
  • Dan kemudian bayar, selesai deh.

The post Yuk Bayar Infaq Dengan Mudah, Hanya di Sepulsa appeared first on Sepulsa.

Baca:  Membuat Aplikasi Android Tips Kehamilan Dengan React Native