Kebebasan untuk mengatur hidup Anda

Syarat dan Cara Mendaftar Grab (Sepeda atau Mobil) Terbaru 2021

Munculnya Grab sebagai perdagangan elektronik Bergerak di bidang transportasi massal memang benar-benar mengubah wajah transportasi massal.

Penghasilan tinggi yang bisa didapat hanya dengan menjadi pengemudi Grab membuat banyak orang berlomba-lomba menjadi mitra Grab. Mulai dari lulusan SMA atau perguruan tinggi hingga karyawan swasta yang sedang mencari bisnis sampingan.

Anda yang membaca ini mungkin mempertimbangkan untuk menjadi mitra Grab, bukan? Jadi, cara daftar Grab sebenarnya sangat mudah.

Ingin tahu syarat dan cara mendaftar sebagai mitra Grab? Simak ulasannya di bawah ini!


Persyaratan untuk menjadi mitra Grab

Saat ini, persyaratan untuk menjadi mitra Grab jauh lebih mudah dibandingkan saat pertama kali muncul.

1. Tidak Pernah Terdaftar Sebagai Mitra Grab

Persyaratan pertama adalah Anda belum pernah terdaftar sebagai Grab Partner sebelumnya. Anda yang sudah atau sebelumnya telah terdaftar sebagai mitra Grab tidak dapat mendaftar lagi.

2. Wajib Memiliki Kendaraan

Selain itu, untuk menjadi mitra Grab, Anda juga diwajibkan memiliki kendaraan yang nantinya akan digunakan untuk menjalani profesi Anda sebagai pengemudi Grab, baik GrabCar maupun GrabBike.

Khusus untuk GrabBike, Grab menetapkan usia kendaraan Anda minimal 9 tahun, atau minimal terdaftar pada 2010. Sedangkan untuk mobilnya sendiri, Grab menetapkan minimal terdaftar pada 2014.

3. Kendaraan harus mematuhi kategori yang ditentukan

Kendaraan yang Anda miliki juga harus disesuaikan dengan kategori yang diberikan. Grab mengklasifikasikan jenis kendaraan menjadi mobil keluarga (7/8 kursi), sedan, dan hatchback. Untuk LCGC, Anda dapat menanyakan kembali apakah LCGC diperbolehkan tergantung di mana Anda mendaftar.

Khusus untuk kendaraan roda dua alias sepeda motor, semua jenis sepeda motor kecuali pelacak boleh digunakan selama motor anda layak jalan dan aman untuk dikendarai. Pastikan juga sepeda motor Anda adalah sepeda motor standar non-modifikasi.

4. Kendaraan wajib memiliki surat

Kendaraan yang Anda miliki juga harus dilengkapi dengan surat standar dari kepolisian.

Pengecualiannya jika nama di STNK tidak sesuai dengan nama Anda, maka Anda harus melampirkan surat jual beli atau surat izin penggunaan kendaraan dari pemilik yang namanya tertera di STNK.

5. Harus Memiliki Smartphone

Setelah persyaratan kendaraan, Anda juga diharuskan memiliki smartphone sendiri. Smartphone ini juga harus memiliki RAM minimal 1 GB.

6. Mempersiapkan Dokumen Pribadi

Syarat terakhir adalah melengkapi dokumen yang diminta. Dokumen-dokumen tersebut meliputi:

  • Foto Profil
  • KTP
  • SIM (A / B)
  • Pendaftaran kendaraan
  • SKCK (Surat Keterangan Rekam Polisi)
  • Kartu Keluarga
  • Buku tabungan
  • NPWP
  • Sertifikat Kesehatan (khusus untuk pelamar di atas 50 tahun)
  • Surat Keterangan Domisili (untuk KTP di luar wilayah pendaftaran)

Cara Mendaftar Grab Online

Setelah Anda melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi mitra Grab, Anda dapat langsung mendaftar!

Kini, Grab semakin memudahkan pendaftar dengan membuka pendaftaran on line, baik untuk GrabBike dan GrabCar.

Kebebasan untuk mengatur hidup Anda

Untuk mendaftar secara online on line, Anda dapat langsung mengakses halaman situs web Ambil properti dan masuk ke halaman pendaftaran. Setelah itu Anda bisa mengisi semua data yang diminta oleh Grab. Isi data ini dengan benar.

Khusus bagi Anda yang ingin menjadi mitra GrabCar, Anda dapat membuka formulir pendaftaran di halaman pendaftaran GrabCar. Halaman-halamannya secara luas sama, tetapi ada beberapa dokumen tambahan yang perlu dipenuhi.

Baca:  Cara Bayar Pajak Mobil Online Terbaru!

Grab OTP

Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi kolom verifikasi sesuai dengan 4 digit unik (kode OTP) yang dikirimkan ke nomor yang Anda daftarkan sebelumnya. Kemudian Anda dapat mengklik terus.

Ambil formulir entri data diri

Setelah itu Anda akan diminta kembali untuk mengisi data diri Anda secara lengkap. Nah, Anda bisa mengakses halaman ini kapan pun Anda mau.

Untuk mengisi daya foto Profil, gunakan foto profil dengan wajah terlihat jelas. Kemudian gunakan background polos warna apapun dan tidak terhalang oleh objek apapun. Selain itu, Anda tidak boleh memakai aksesori apa pun di foto ini.

Kemudian untuk Foto SKCK, STNK, KK, KTP dan SIM, Anda harus menggunakan foto difoto menggunakan ponsel dan tidak pemindai. Selain itu, foto harus jelas dan dokumen yang Anda foto harus masih berlaku saat mendaftar.

Setelah semua data yang diminta oleh Grab sudah diisi, Anda bisa klik terus untuk proses selanjutnya. Selebihnya ikuti saja apa yang diminta Grab untuk Anda lakukan. Gampang kan? Prosesnya cepat dan tidak butuh waktu lama kok.

Khusus untuk kamu yang mendaftar GrabCar pasti akan diminta mendaftar di koperasi, melakukan tes KIR, dan memiliki SIM A. Jika persyaratan tambahan ini tidak terpenuhi, Anda tidak akan lolos seleksi menjadi mitra Grab.


Cara Mendaftar Grab Offline

Tentu saja Anda juga bisa mendaftar menjadi mitra Grab secara online offline. Namun, metode ini mungkin cukup rumit dan memakan waktu. Selain itu Anda hanya mendaftarkan diri di lokasi tertentu.

Selain itu, ada beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi untuk mendaftar secara online offline.

Dokumen tersebut sama dengan dokumen umum yang telah kami sebutkan di atas (KTP, STNK, SKCK, SIM, KK). Tapi Anda harus menambahkan fotokopi polis asuransi mendaftar GrabCar offline.

Pesan pemilik kendaraan

Selain itu, Anda juga harus mengunduh tiga formulir tambahan, yaitu formulir registrasi Grab Car, kode etik pengemudi, dan checklist yang semuanya harus dicetak dan diisi dengan jelas dan lengkap.

Semua dokumen ini harus lengkap dan tidak boleh diikuti. Artinya, Anda harus mengambilnya sekaligus saat mendaftar untuk menjadi mitra GrabCar. Jika Anda tidak memenuhinya, tentunya dokumen Anda akan ditolak oleh manajemen.

Nah khusus untuk mitra GrabCar ada beberapa persyaratan tambahan yaitu harus mengikuti proses uji KIR. Tapi tenang saja karena proses ini akan sepenuhnya dibantu dan dipandu oleh GrabCar nantinya.

Proses uji Kir

Anda yang ingin menjadi mitra GrabCar harus menjadi anggota koperasi dan harus mengikuti proses transfer nama. Anda juga tidak perlu khawatir karena proses transfer nama tidak mengikat dan tidak mengalihkan kepemilikan mobil Anda!

Nah, itulah cara-cara daftar Grab, dari GrabBike hingga GrabCar, mudah bukan?

Selama Anda melakukannya secara legal, melalui jalur hukum, dan mengikuti aturan mainnya, itu bukan masalah besar.

Jadi semoga berhasil! Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya!

Postingan Persyaratan dan Cara Daftar Grab Terbaru (Sepeda atau Mobil) 2021 muncul pertama kali di Sepulsa.