Kenali Perbedaan antara Payment Gateway dan Payment Aggregator

Kenali Perbedaan antara Payment Gateway dan Payment Aggregator

Di era digital seperti sekarang ini, banyak sekali perusahaan yang memiliki embel-embel 4.0 (empat titik o). Tak terkecuali perusahaan baru dan lama yang sudah bertransformasi dan bergerak di sektor keuangan alias fintech.

Beberapa perusahaan, misalnya, memutuskan untuk menyediakan layanan Gateway Pembayaran. Namun ada juga perusahaan yang bergerak di bidang Agregator Pembayaran. Keduanya menjadi katalisator berbagai jenis bisnis di tahun 2021.

Jadi, pertanyaan selanjutnya adalah apa perbedaan antara Payment Gateway dan Payment Aggregator? Hal ini perlu Anda ketahui, agar tidak salah dalam menggunakannya! Apalagi bagi anda yang punya perdagangan elektronik milik sendiri!

Baca Juga Peluang Bisnis Lebaran 2021, Bisnis Rumahan Terbaik

Memahami Perbedaan antara Payment Gateway dan Payment Aggregator

Jika Anda adalah seseorang yang sedang memulai bisnis online sendiri, tentunya Anda harus memikirkan metode transaksi online Anda sendiri. Belum lagi metode transaksinya jika bisnis Anda juga dijalankan secara offline oleh karyawan Anda.

Pada artikel ini Anda akan menyoroti apa saja perbedaan antara keduanya, dan tentu saja untuk apa mereka digunakan. Dengan demikian, sebagai pebisnis online, Anda bisa menentukan layanan mana yang akan Anda pilih selanjutnya.

Gerbang pembayaran

Yang mudah gerbang pembayaran adalah layanan yang memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk memproses transaksi. Transaksi ini dapat diproses secara langsung baik melalui halaman website maupun melalui aplikasi.

Biasanya gerbang pembayaran memungkinkan konsumen untuk melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, kartu debit, Perbankan online, dompet elektronik, hingga layanan UPI.

Layanan gerbang pembayaran biasanya layanan individu, yang memungkinkan transaksi dilakukan menggunakan ASP (penyedia layanan aplikasi) terkait e-commerce. Anda masing-masing harus memiliki satu akun, misalnya, untuk satu metode pembayaran.

Misalnya, jika Anda ingin konsumen dapat membayar melalui PayPal, Indomaret, dan Bank BNI. Kemudian Anda harus memiliki masing-masing satu akun untuk setiap metode pembayaran.

Agregator Pembayaran

Adapun agregator pembayaran adalah layanan yang menyediakan berbagai macam layanan pembayaran pedagang. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, untuk dapat memiliki gerbang pembayaran Anda harus memiliki masing-masing satu akun untuk setiap metode pembayaran.

Nah, ini pasti akan sangat sulit. Baik dari segi penggunaan, pendaftaran, hingga pemeliharaan itu untuk para pelakunya perdagangan elektronik ini. Inilah yang kemudianmengatasi oleh aggregator.

Perusahaan agregator pembayaran biasanya memiliki lebih dari satu akun layanan pembayaran untuk para pedagang. Dengan kata lain, mereka menggabungkan, atau menggabungkan berbagai jenis metode pembayaran menjadi satu.

Sekarang dengan banyaknya metode pembayaran, maka pedagang dapat memperluas layanan bisnis mereka. Metode pembayaran yang ditawarkan mulai dari on line berbasis (M-banking, SMS Banking, dompet elektronik, dan sejenisnya) sampai berbasis offline tanpa harus membuka banyak akun.

Baca:  Cara Mudah Daftar M-Banking dan BNI SMS Banking!

Dengan demikian Anda dapat menggunakan puluhan, atau mungkin ratusan metode pembayaran tanpa harus membuka ratusan akun. Cukup membuka satu akun, yaitu memanfaatkan layanan Agregator Pembayaran itu.

Daftar Agregator Pembayaran di Indonesia

Kalau sudah paham, sudah waktunya belajar apa saja gerbang pembayaran dan agregator pembayaran yang layanannya dapat Anda pilih. Tentunya untuk menunjang bisnis Anda, baik online maupun offline.

Baca Juga Bagaimana Membuat Bisnis Sampingan Pertama Anda, Peluang Bisnis Modal Kecil

Daftar Agregator Pembayaran Terbaik 2021

DOKU – sulit untuk dibicarakan agregator pembayaran tanpa membahas DOKU. Sebab, DOKU adalah salah satunya agregator pembayaran pertama di indonesia.

Saat ini DOKU sendiri telah bekerjasama dengan 150 ribu pedagang dengan berbagai metode pembayaran. Beberapa metode yang diterima termasuk Klikpay BCA, jaringan Alfa Group, kartu kredit dan debit Visa dan MasterCard dompet elektronik.

Midtrans – Sebagai pengumpul pembayaran yang cukup muda, Midtrans bisa dibilang salah satu yang terbaik saat ini. Ini karena Midtrans mendukung pembayaran online hingga puluhan metode pembayaran.

Beberapa metode pembayaran yang saat ini diterima oleh Midtrans termasuk pembayaran menggunakan kartu berlogo Visa, MasterCard, JCB, dan Amex.

Xendit – milik salah satu agregator pembayaran yang terbilang masih belia, Xendit pun langsung mengguncang dunia perdagangan elektronik dengan desas-desus yang mereka miliki. Xendit saat ini mendukung berbagai metode pembayaran online.

Beberapa layanan mendukung, misalnya, VA berbagai jenis bank, kartu kredit, kartu debit, dompet elektronik, dan pembayaran menggunakan layanan Alfa Group dan Indomaret.

Alterra – Didirikan pada tahun 2015 dengan nama Sepulsa, saat ini Alterra telah berkembang sebagai a fintech perusahaan dengan reputasi yang baik di Indonesia. Apalagi, Alterra juga mendapatkan penghargaan bergengsi di bidang transformasi digital pada tahun 2021.

Kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan layanan pembayaran Alterra yang sangat menarik, terutama bagi Anda yang sedang memulai bisnis sendiri.

Alterra sendiri memiliki layanannya sendiri Alterra Pay dan Alterra Bills yang kesemuanya sudah memiliki reputasi yang baik. Alterra Bills, misalnya, telah bermitra dan melayani lebih dari 200 saluran pembayaran dan telah ditunjuk sebagai penyedia telekomunikasi utama dan penerbit tagihan sebagai salah satu agregator terbaik saat ini.

Penutupan

Nah, jadi sekarang Anda tahu dari mana perbedaannya gerbang pembayaran dan agregator pembayaran. Jangan sampai salah lagi, dan semoga anda tidak salah memilihnya untuk bisnis anda.

Postingan Mengenali Perbedaan antara Payment Gateway dan Payment Aggregator muncul pertama kali di Sepulsa.