pajak mobil denda

Cara Mudah Menghitung Denda Pajak Mobil!

Memiliki mobil memang menyenangkan, tapi bukan hanya soal kesenangan. Sebelum membeli mobil, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal, salah satunya adalah membayar pajak.

Membayar pajak juga merupakan kegiatan yang harus dilakukan dan terkadang tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan, pada akhirnya mendapatkan denda pajak mobil.

Mungkin Anda sebagai pemilik mobil sering bertanya tentang bagaimana cara menghitung denda pajak mobil? Apakah perhitungannya sama dengan sepeda motor atau ada perbedaan?

Bagaimana situasi di mana Anda harus membayar denda? Sesuai aturan baru, Anda diwajibkan membayar denda jika terlambat membayar 2 (dua) hari kerja setelah tanggal jatuh tempo pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Selanjutnya pembayaran pajak kendaraan bermotor menghitung keterlambatan bulanan. Misalnya, jika Anda terlambat 2 (dua) hari kerja setelah tanggal jatuh tempo pajak kendaraan Anda, maka Anda dihitung membayar denda sebesar 1 (bulan).

Jika Anda terlambat 1 (satu) tahun setelah tanggal jatuh tempo, maka Anda akan dihitung membayar denda 12 bulan.

Jangan khawatir, penghitungan denda pajak kendaraan bermotor tidak sesulit yang dibayangkan. Simak caranya di bawah ini!


Bagaimana Menghitung Denda Pajak Mobil

Sebelum menghitung besaran denda yang harus anda bayarkan, ada baiknya anda mengetahui dulu berapa biaya denda tersebut.

Denda pajak mobil yang Anda bayarkan adalah besaran denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan denda sumbangan dana kecelakaan lalu lintas (SWDKLLJ).

Denda pajak mobil = denda PKB + denda SWDKLLJ.

pajak mobil denda

1. Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Cara menghitung denda PKB mobil tidak berbeda dengan cara menghitung denda pajak sepeda motor.

Rumus resmi penghitungan denda PKB adalah sebagai berikut.

Denda PKB = Biaya PKB x 25% x n / 12

Informasi:

Biaya PKB adalah besaran pajak kendaraan bermotor yang harus Anda bayarkan setiap tahun. Cara untuk mengecek biaya PKB adalah dengan mendatangi kantor Samsat untuk menanyakan tentang PKB Anda atau langsung mengecek PKB online.

"N" mewakili jumlah bulan penundaan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perhitungan waktu keterlambatan pembayaran pajak kendaraan didasarkan pada bulanan.

2. Denda Sumbangan Wajib untuk Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

Di sinilah letak perbedaan penghitungan denda pajak sepeda motor dan mobil. Denda SWDKLLJ untuk kendaraan roda 4 dan bukan kendaraan umum adalah Rp 143.000.

Baca:  4 Cara Mudah Cek Saldo Rekening Mandiri!

Jadi, Anda bisa menghitung besaran denda yang harus Anda bayarkan dengan menjumlahkan besaran denda PKB dan SWWKLLJ.


Bagaimana Membayar Denda Pajak Mobil

pajak mobil denda

Setelah Anda dapat memperkirakan denda pajak mobil, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan pembayaran melalui kantor Samsat tempat mobil Anda terdaftar.

Sejumlah kantor Samsat yang telah memberikan pembayaran pajak kendaraan secara online belum dapat menerima pembayaran denda pajak kendaraan sehingga Anda tetap harus datang ke kantor Samsat.

Oh ya, saat membayar denda pajak mobil juga akan dikenakan biaya STNK atau biaya perpanjangan TNKB (plat kendaraan) jika tepat 5 tahun.

Tahukah Anda bahwa pada awal Januari 2017 ada kenaikan tarif bukan pajak dalam penanganan akta kendaraan? Pajak tidak berubah, melainkan hanya biaya administrasi seperti penerbitan STNK, plat nomor, dan BPKB.

Berikut rincian kenaikan tarif bukan pajak untuk dokumen kendaraan roda empat.

  • Penerbitan STNK Baru Rp 200.000.
  • STNK / Perpanjangan 5 tahun Rp.200.000.
  • Pendaftaran STNK / 5 tahun Rp 50.000.
  • Plat nomor / 5 tahun Rp 100.000.
  • Sertifikat Uji Coba Kendaraan Rp.25.000.
  • BPKB Baru Rp 375.000.
  • BPKB Ganti Pemilik Rp. Rp 375.000.
  • Biaya mutasi Rp 250.000.

Bagaimana Memeriksa Pajak Kendaraan Bermotor

pajak mobil denda

Akan lebih baik jika Anda memeriksa pajak kendaraan Anda dan membayarnya tepat waktu. Sejumlah provinsi sudah menyediakan pemeriksaan pajak kendaraan bermotor secara online, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Tengah.

Cara mengeceknya cukup mudah yaitu dengan mengunjungi website Dispenda Provinsi, kemudian anda mengisi kolom informasi kendaraan anda.

Anda dapat melihat lebih lanjut di posting kami sebelumnya tentang memeriksa Pajak Kendaraan Bermotor secara online.

Nah, itulah cara termudah menghitung denda dan pembayaran pajak mobil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya!

Posting Cara Mudah Menghitung Denda Pajak Mobil! muncul pertama kali di Sepulsa.