cara transfer uang dengan atm bri

Cara Cek Nomor Rekening Bank BRI Anda!

Seperti diketahui, nomor rekening bank seperti BRI jumlahnya cukup banyak.

Masalahnya, sebagian orang kurang pandai menghafal, apalagi jika nomor rekening jarang digunakan. Lalu, langkah apa yang harus Anda lakukan untuk mengecek nomor rekening BRI jika catatan Anda hilang? Setidaknya, ada 3 cara untuk mengetahui nomor rekening BRI Anda.

Cara mengecek nomor rekening di Buku Tabungan

Bagi yang pernah membuka rekening tabungan di bank pasti tahu bahwa salah satu fasilitas yang diberikan oleh bank tersebut adalah buku tabungan. Buku tabungan adalah cara sederhana untuk menyampaikan informasi tertulis kepada nasabah mengenai jumlah dana yang disimpan dalam sebuah rekening.

Melalui buku tabungan, Anda juga dapat mengetahui beberapa informasi penting lainnya, seperti:

  • Kantor BRI tempat Anda membuka rekening tabungan
  • Nomor rekening BRI
  • Nama pemilik akun
  • Alamat pemilik akun
  • Tanggal pembukaan rekening
  • Nomor seri
  • Identifikasi Anda sebagai pemilik akun

Semua informasi ini dapat ditemukan di bagian belakang sampul buku tabungan. Jadi, jika Anda tidak ingat atau ragu dengan nomor rekening BRI Anda, cara mengeceknya adalah dengan melihat langsung buku tabungan Anda. Sangat mudah bukan?

Cek nomor melalui ATM

cara transfer uang dengan atm bri

ATM BRI dapat ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Banyak orang yang menggunakan mesin ATM untuk menarik uang dengan cepat dan praktis tanpa dibatasi waktu operasional bank. Namun tahukah Anda bahwa fungsi ATM sebenarnya sangat banyak. Ada yang melakukan transfer ke rekening lain, mengecek jumlah saldo, bahkan mengecek nomor rekening.

Selain bisa mengecek nomor rekening BRI di buku tabungan, Anda juga bisa mengetahuinya melalui mesin ATM. Jadi, jika suatu saat buku akun Anda hilang atau macet di suatu tempat, Anda tidak perlu khawatir. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui informasi mengenai nomor rekening di BRI.

  • Siapkan kartu ATM yang akan mengecek nomor rekening.
  • Masukkan kartu tersebut ke dalam mesin ATM seperti yang Anda lakukan saat bertransaksi, lalu masukkan PIN (Nomor Identifikasi Pribadi).
  • Nah, setelah itu akan muncul menu di layar mesin ATM. Pilih menu "Mutasi Akun". Nomor rekening terkait dan transaksi terakhir yang dilakukan akan ditampilkan di layar.

Jadi, sangat mudah untuk mengetahui nomor rekening Anda ketika Anda masih memiliki kartu ATM. Syaratnya, tentunya Anda harus mengetahui PIN kartu yang benar.

Cek melalui E-Banking

Kecanggihan teknologi telah mengubah gaya hidup masyarakat modern. Cara konvensional saat ini sudah mulai ditinggalkan karena dianggap tidak praktis. Ya, di satu sisi, teknologi memang memudahkan kita dalam menyelesaikan masalah yang terjadi.

Salah satu inovasi di bidang perbankan adalah adanya sistem canggih berupa e-banking. Sistem ini mengandalkan jaringan internet. Jadi, dengan menggunakan e-banking, Anda dapat bertransaksi apa saja tanpa harus ke bank atau gerai ATM.
Untuk mendukung sistem ini, bank telah mengembangkan website pendukung yang dapat diakses oleh nasabah dengan memasukkan username dan password. Jika data yang Anda masukkan benar, halaman web akan terbuka dan nomor rekening Anda akan terlihat jelas di bagian depan. Sangat praktis bukan?

Baca:  Cara Mudah Daftar M-Banking dan BNI SMS Banking!

Namun, jika ingin mengandalkan cara ini, Anda harus mengaktifkan e-banking terlebih dahulu. Pada umumnya sebagian besar bank menyediakan fasilitas e-banking untuk setiap rekeningnya, namun tidak otomatis aktif jika nasabah tidak memintanya. Maka dari itu, bagi Anda yang terbiasa bertransaksi secara online, segera aktifkan e-banking untuk rekening BRI Anda.

Cara aktivasi e-banking BRI adalah sebagai berikut:

  • Mendaftar baik melalui gerai ATM BRI atau Kantor Cabang BRI / Kantor Cabang Pembantu BRI.
  • Jika Anda hanya ingin mengakses e-banking untuk transaksi non finansial, cukup mendaftar di gerai ATM BRI. Di sini, Anda akan mendapatkan ID pengguna dan kata sandi. Artinya, Anda dapat mengakses informasi standar seperti nomor rekening, riwayat transaksi sebulan terakhir, dan sebagainya.
  • Namun, jika ingin melakukan transaksi finansial seperti transfer, Anda juga harus datang ke kantor cabang BRI untuk menyelesaikan proses aktivasi. Di sini, Anda akan diminta mengisi formulir aplikasi internet banking. Jangan lupa untuk membawa KTP, SIM, Paspor, dan bukti kepemilikan rekening yang asli dan masih berlaku.
  • Siapkan nomor handphone dan email.
  • Setelah mendaftar di bank, ubah kata sandi, masukkan email Anda, dan aktifkan m-Token.

Meski langkah-langkah yang perlu diambil terkesan agak lama, sebenarnya aktivasi e-banking tidaklah rumit. Yang penting, ikuti saja semua prosedur yang diperlukan. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan hadirnya e-banking, termasuk jika Anda berada di lokasi yang jauh dari outlet ATM. Satu-satunya transaksi yang tidak dapat dilakukan melalui e-banking adalah tarik tunai. Untuk itu, Anda harus datang langsung ke kantor cabang BRI atau gerai ATM terdekat.

Nah, 3 cara inilah yang wajib Anda lakukan untuk mengecek nomor rekening BRI Anda. Ketika Anda lupa atau kehilangan catatan Anda, dapatkan informasi tentang nomor rekening yang valid hanya dari sumber terpercaya.

baca juga

  • Tutorial Transfer Uang Langsung Menggunakan ATM BRI
  • Persyaratan memiliki rekening BRI Internet Banking
  • Mau Cek Saldo Rekening BRI? Intip Cara Mudahnya Disini!

Postingan Cara Cek Nomor Rekening Bank BRI Anda! muncul pertama kali di Sepulsa.