snipping tool - Cara Mengambil Screenshot Laptop

Bingung Cara Mengambil Screenshot di Laptop? Ini Tutorial Lengkapnya!

Bagi Anda yang sudah sering menggunakan laptop, mengambil screenshot untuk berbagai keperluan sebenarnya bukanlah hal baru. Fitur ini bahkan ada di sistem operasi bawaan hingga berbagai aplikasi yang tersedia di pasaran.

Tapi mungkin masih ada sebagian dari kalian yang masih kurang paham bagaimana cara mengambil screenshot di laptop kalian.

Benar-benar kebetulan! Kali ini kami telah merangkum beberapa cara Anda dapat mengambil screenshot di laptop Anda dari sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Mau tau caranya? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: Cara Mengubah Kata Sandi WiFi


Cara screenshot laptop

1. Screenshot di Windows XP

Untuk melakukannya Anda cukup menekan sebuah tombol Print Screen atau PrtSc yang biasanya terletak di pojok kanan atas papan ketik Kamu.

Setelah menekannya Anda tinggal menekan Ctrl + V dalam program apa pun Anda memiliki kemampuan untuk melakukannya tempel gambar misalnya cat, atau bahkan Microsoft Power Point dan Microsoft Word.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengambil gambar jendela tertentu. Triknya adalah dengan menekan sebuah tombol Alt + PrtSc serentak. Setelah itu Anda bisa melanjutkan proses yang sama seperti sebelumnya.


2. Screenshot di Windows Vista dan Windows 7

Windows Vista dan Windows 7 memberi Microsoft metode lain yang dapat Anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar.

Triknya adalah dengan menggunakan Alat potong. Anda dapat menemukan fitur ini di semua versi Windows kecuali edisi pemula dan dasar dan tentu saja Windows XP.

Untuk membuka fitur ini Anda bisa menekan tombol Mulailah, lalu lanjutkan dengan memilih Semua program dan lanjutkan lagi dengan memilih Aksesoris dan klik Alat potong.

Anda dapat mengambil area tersebut tangkapan layar khusus di layar monitor Anda menggunakan aplikasi ini. Triknya adalah dengan mengklik baru kemudian menyimpan setelah selesai mengambil tangkapan layar. Mudah kan?

Baca juga: Cara Mempercepat Koneksi WiFi


3. Screenshot di Windows 8

Keunggulan sistem operasi ini adalah Microsoft telah menyediakan kemampuan untuk menyimpan tangkapan layar yang Anda ambil secara otomatis ke folder tertentu.

Untuk melakukannya Anda cukup menekan sebuah tombol jendela dan Print Screen serentak. Kemudian hasil dari tangkapan layar akan secara otomatis disimpan di dalam perpustakaan gambar.

Selain itu, tentu saja bisa dilakukan tangkapan layar gunakan fitur yang sebelumnya ada di Windows XP, Vista, dan Windows 7, misalnya alat pemotong.


4. Screenshot di Windows 10

Tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, untuk screenshot di laptop dengan sistem operasi Windows 10 tentunya bisa dilakukan dengan cara yang sama namun dengan beberapa perbedaan. Inilah yang bisa Anda coba:

snipping tool - Cara Mengambil Screenshot Laptop

1. Alat Pemotong

Untuk mencari fitur ini Anda tinggal menekan Mulailah kemudian semua program, klik aksesoris jendela. Di dalamnya Anda akan menemukan alat pemotong. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda tinggal klik baru untuk memulai proses.

Tipe menggunting dasar yang dapat Anda gunakan adalah menggunting empat persegi panjang. Anda dapat menggunakan mouse Anda untuk memilih area layar yang ingin Anda tangkap.

Yang kami anggap baru di sini adalah ketersediaan fitur bentuk bebas, jendela, untuk potongan layar penuh yang artinya aplikasi ini cukup lengkap dalam hal pengambilan tangkapan layar.

Setelah mengambil tangkapan layar jangan lupa lakukan menyimpan secara otomatis sebelum Anda keluar dari jendela aplikasi. Anda kemudian dapat langsung membuka aplikasi edit foto PC untuk mengedit tangkapan layar yang diambil sebelumnya.

Baca:  Tutorial React JS Membuat Applikasi Sederhana Dengan React JS

2. Tombol PrtSc

Cara kedua adalah cara yang mungkin paling sering Anda gunakan adalah dengan menekan sebuah tombol PrtSc atau PrtScn yang biasanya terletak di pojok kanan atas. Beda dengan alat pemotong Artinya, pada Windows 10 jika Anda menggunakan cara kedua ini, gambar yang Anda ambil secara otomatis akan tersimpan di dalam folder tersebut tangkapan layar di dalam folder foto-foto.

3. Windows + PrtSc

Cara ketiga adalah dengan menekan sebuah tombol jendela bersamaan dengan PrtSc atau PrtScn. Dengan menekan kedua tombol ini Anda dapat mengambil gambar layar laptop Anda secara keseluruhan dan file ini secara otomatis akan disimpan di folder tangkapan layar.

Jika Anda berhasil mengambil tangkapan layar Layar laptop Anda seharusnya sedikit gelap dan akan kembali normal dalam sekejap.

Keunggulan fitur ini adalah Anda dapat mengambil gambar laptop secara berurutan tanpa harus menyimpannya secara manual.

4. Windows + H

Metode keempat yang dapat Anda coba adalah cara baru di Windows 10. Untuk mengambil gambar di layar Anda dengan suatu tujuan berbagi, Anda bisa menekan tombolnya Windows pada saat yang sama dengan surat itu H.

Dengan melakukan ini, layar Anda secara otomatis akan menyalamenangkap dan kemudian laptop Anda akan terbuka secara otomatis windows share toolbar jadi anda bisa langsung mengirimkan filenya ke teman anda melalui berbagai media sosial yang sudah ditautkan sebelumnya.

5. Alt + PrtSc

Cara kelima merupakan salah satu cara cepat dan merupakan modifikasi dari beberapa cara awal yaitu dengan menekan tombol Alt bersama dengan PrtSc / PrtScn di papan ketik Kamu.

Dengan menekan kedua tombol ini Anda dapat mengambil gambar dari jendela yang aktif. Kekurangannya adalah cara kedua dan ketiga, Anda harus menyimpan gambar ini secara manual dengan mengklik tempel dalam aplikasi seperti editor gambar.

6. Windows + Volume turun

Metode keenam yang kami yakini merupakan metode yang jarang digunakan. Selain itu, metode ini hanya dapat digunakan untuk Anda pengguna Surface.

Bagi Anda yang menggunakan Windows Surface bisa mengetahuinya tangkapan layar dengan menekan sebuah tombol Windows dan volume turun.

Cara ini sebenarnya mirip dengan cara pengambilan tangkapan layar di tablet atau smartphone lainnya.

Tanda-tanda Anda telah melakukan ini adalah layar Surface Anda akan langsung meredup dan kembali menyala. Gambar yang Anda ambil secara otomatis disimpan di dalam folder tangkapan layar oleh Surface.

snip editor - cara mengambil screenshot laptop

7. Editor Snip

Cara terakhir yang menurut kami cukup rumit adalah dengan menggunakan aplikasi khusus seperti Snip Editor, Microsoft Snip, yang menurut sebagian orang lebih baik daripada menggunakan Alat Pemotong.

Snip Editor memiliki kemampuan untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar, area tertentu, ke jendela aktif dengan cepat.

Keunggulan aplikasi ini adalah kemampuannya mengedit hasil tangkapan layar secara langsung, misalnya dengan menambahkan tulisan Anda sendiri atau bahkan merekam suara Anda secara spesifik.

Postingan Bingung Bagaimana Cara Mengambil Screenshot di Laptop? Ini Tutorial Lengkapnya! muncul pertama kali di Sepulsa.