Bayar Zakat Fitri Mudah Sepulsa

Bayar Zakat Fitri Mudah Sepulsa

Zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang terbagi dalam beberapa jenis yaitu Zakat Maal, Zakat Profesi dan Zakat Fitrah. Untuk Zakat Fitrah, Anda harus membayar selama bulan Ramadhan. Biasanya dibayarkan di akhir bulan Ramadhan atau 1 hari sebelum Lebaran.

Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha 'kurma atau satu sha' gandum untuk umat Islam: baik budak maupun hamba merdeka, laki-laki atau perempuan, kecil dan besar. Dia memerintahkan untuk membayar zakat sebelum orang pergi shalat Idul Fitri. "(HR Bukhari Muslim).

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat fitrah wajib bagi seorang muzakki yang memiliki kemampuan untuk melakukannya. Zakat fitrah dikeluarkan setahun sekali selama bulan Ramadhan sebelum Idul Fitri.

Zakat fitrah sendiri memiliki arti menyucikan harta, karena dalam setiap harta benda ada sebagian hak orang lain. Oleh karena itu, tidak ada alasan apapun bagi seorang hamba Allah yang beriman untuk tidak membayar zakat fitrah karena sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim.

Ketentuan Zakat Fitrah

Zakat fitrah sendiri memiliki beberapa syarat wajib yang harus diketahui sebelum kamu membayarnya, berikut beberapa syarat wajib zakat fitrah:

  1. Muslim dan gratis (mampu).
  2. Hidup selama bulan Ramadhan.
  3. Memiliki kelebihan kebutuhan pokok untuk malam dan Idul Fitri.

Beberapa poin di atas merupakan syarat bagi masyarakat yang wajib membayar zakat. Ada juga beberapa syarat yang tidak wajib zakat fitrah yaitu,

  1. Anak-anak lahir setelah matahari terbenam di akhir Ramadhan
  2. Orang yang meninggal sebelum matahari terbenam di akhir Ramadhan
  3. Tanggungan istri yang baru menikah setelah magrib di penghujung Ramadhan
  4. Orang yang masuk Islam hanya setelah matahari terbenam di akhir Ramadhan.

Hukum Zakat Fitrah

Zakat fitrah wajib bagi seorang muslim yang mampu secara ekonomi. Besarnya zakat fitrah yang harus dibayarkan adalah satu butir kurma, gandum atau bisa setara dengan 3,5 liter beras.

Namun ulama seperti Syekh Yusus Qardawi telah menetapkan bahwa zakat fitrah dibayarkan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sya'at, harga makanan yang jika dikonversi adalah Rp 40.000.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini pembayaran zakat fitrah semakin mudah salah satunya di Sepulsa. Berikut cara membayar zakat fitrah di Sepulsa:

  1. Pilih "Sepulsa Blessings"
  2. Lalu pilih "Zakat Fitrah"
  3. Isi semua data yang diminta seperti "Nama","Nomor ponsel", Dan"Pilih Lembaga Amil Zakat" apa yang kamu inginkan.
  4. Baca maksud yang tertera di aplikasi Sepulsa, jika sudah silahkan pilih "Saya sudah membaca niat"
  5. Kemudian pilih metode pembayaran yang tersedia.
  6. Selesai.

Jangan lupa bayar Zakat Fitrah Sepulsa karena sangat mudah dan banyak cara pembayaran yang bisa kamu gunakan.

Postingan Membayar Zakat Fitrah Mudah di Sepulsa muncul pertama kali di Sepulsa.

Baca:  Berikut ini Cara Menukarkan Voucher Google Play