Layanan Penulisan Artikel

6 Bisnis Online Tanpa Modal Besar yang Cocok Untuk Generasi Milenial!

Dikenal sebagai generasi yang paham teknologi dan memiliki segudang inisiatif, membangun bisnis sampingan Anda sendiri tentunya sudah terlintas di benak sebagian besar milenial.

Selain bisa menambah pundi-pundi penghasilan, memiliki usaha sampingan juga bisa menjadi tempat belajar mengatur keuangan.

Tidak hanya soal perencanaan bisnis yang matang, modal juga menjadi instrumen penting dalam membangun sebuah bisnis. Uang dan juga perlengkapan seperti laptop, smartphone, dan lain sebagainya bisa dikatakan modal utama.

Namun, hal tersebut juga menjadi modal yang kerap menjadi kendala para milenial untuk mulai berbisnis. Mulai dari tabungan yang tidak mencukupi hingga penghasilan bulanan yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Padahal, berbisnis nggak harus soal modal dan skala besar, lho. Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang ini, banyak hal yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang untuk memulai bisnis tanpa modal, bisnis online adalah salah satunya.

Nah, berikut 5 ide bisnis online tanpa modal besar yang bisa Anda coba. Simak ulasannya di bawah ini!


1. Jasa Penulisan Artikel

Layanan Penulisan Artikel

Dengan hobi menulis, unit laptop, dan jaringan internet yang memadai, kamu bisa memulai bisnis jasa penulisan artikel!

Bagaimana menulis bisa menjadi peluang bisnis?

Pasalnya, saat ini banyak pelaku usaha yang beralih dari teknologi konvensional ke digital. Dari yang awalnya toko, hingga toko online yang mengandalkan situs media sosial atau situs seperti Instagram.

Banyak juga situs belanja online ternama di Indonesia yang sedang membuat tren belanja baru di masyarakat.

Berbelanja tidak lagi identik dengan datang ke toko atau mall. Buka saja laptop atau smartphone kamu, akses situs belanja atau e-commerce terpercaya, pilih item dan alamat tujuan, bayar, barang akan langsung dikirim!

Jadi, seiring dengan transisi ini, gaya pemasaran atau teknik pemasaran yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan tersebut secara otomatis akan berubah ke arah digital. Salah satunya dengan memanfaatkan konten berupa artikel.

Ada artikel yang khusus dibuat untuk optimasi pencarian di mesin pencari seperti Google (Search Engine Optimization), ada artikel yang khusus dibuat untuk branding suatu produk, dan sebagainya.

Artikel-artikel tersebut nantinya akan disebarluaskan atau dipublikasikan melalui media online seperti blog atau media sosial (Facebook, Twitter, Instagram) yang nantinya akan menjangkau khalayak yang lebih luas atau target konsumen perusahaan.

Kebutuhan akan konten atau artikel biasanya cukup banyak, sehingga beberapa perusahaan perlu mencari jasa pihak ketiga seperti pekerja lepas dan biro iklan untuk menyediakan konten yang diperlukan.

Di pasaran, sebuah artikel umumnya dihargai sekitar Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 200.000 menurut tingkat kesulitan, jenis tema, dan jumlah kata.

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis dan bisa beradaptasi dengan segala jenis tema tulisan, peluang bisnis ini tentunya sayang untuk dilewatkan! Dengan asumsi Anda mendapatkan order 30 artikel per bulan dan harga Rp 150.000 per artikel, maka Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan sebesar Rp 4.500.000.

Jika Anda memiliki teman atau kerabat yang bekerja di bidang digital marketing, jangan ragu untuk menawarkan jasa penulisan artikel Anda.

Anda juga dapat mengandalkan situs jejaring sosial profesional seperti LinkedIn untuk bertemu klien atau perusahaan yang membutuhkan layanan Anda. Ada baiknya buat portofolio menarik yang berisi daftar tulisan yang sudah kamu tulis agar calon klien kamu semakin terkesan!

Baca juga: Berhenti Bekerja? Berikut cara mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan


2. Layanan Penempatan Konten

Layanan Penempatan Konten

Jika Anda memiliki blog dengan berbagai jenis artikel dan lalu lintas tinggi, Anda memiliki peluang untuk menghasilkan uang dan mengubah blog Anda menjadi bidang bisnis online.

Selain melalui Google AdSense (khusus untuk domain premium), layanan penempatan konten juga Anda dapat menawarkan kepada mereka yang tertarik untuk menempatkan iklan. Baik iklan berupa banner maupun berupa review di artikel.

Selain topik yang menarik, buat blog dengan lalu lintas tinggi badan umumnya juga menerapkan aturan SEO ramah di setiap artikel.

Dengan kata lain, artikel di blog tersebut menggunakan kata kunci tertentu abadi (sebagai contoh menjual pulsa Telkomsel) atau sedang tren dalam periode tertentu (misalnya, harga dolar naik).

Baca:  Kelas Bisnis: Kenali corong dalam pemasaran

Dengan begitu, artikel akan didapat nilai di mesin pencari setiap kali pengguna mencari kata kunci tersebut.

Baca juga: Cara Cepat Aktivasi Pulsa Darurat Telkomsel


3. Jadi Dropshipper & Reseller

Peluang Bisnis Dropshipper & Reseller

Mau coba jual tapi bingung mau mulai dari mana? Atau khawatir dengan risikonya? Jadi, Anda bisa mulai dengan menjadi dropshipper atau reseller.

Dropshipper dan reseller umumnya merupakan sistem penjualan barang atau produk yang berasal dari distributor atau produsen besar. Perbedaan utama dari dropshipper dan reseller terletak pada modal yang dimiliki.

SEBUAH dropshipper tidak harus memiliki modal untuk membeli stok barang dari produsen. Tugasnya hanya memasarkan berbagai produk tersebut melalui saluran online yang tersedia seperti media sosial.

Jika Anda telah menerima pesanan dari calon pelanggan, dropshipper akan meneruskan pesanan ke produsen dan mendapatkan komisi atas penjualan tersebut.

Sementara itu, reseller membutuhkan sejumlah dana sebagai modal untuk membeli saham dari produsen atau distributor. Reseller juga mengurus semua proses bisnisnya sendiri mulai dari pembelian stok, promosi, hingga pengiriman barang pesanan ke pelanggan.

Dalam hal keuntungan, reseller lebih leluasa dalam menyesuaikan harga jual produk dan menghitung keuntungan sesuai target pasar.

Reseller juga berpeluang besar mendapatkan harga lebih murah bahkan diskon dari produsen atau distributor untuk membeli barang dalam jumlah banyak.

Baca juga: Berikut cara praktis untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda


4. Agen Perjalanan

Di era bisnis yang booming agen perjalanan online kini tentunya semakin memudahkan setiap orang untuk mendapatkan akomodasi perjalanan. Selain praktis dan cepat, agen perjalanan online juga menyediakan tiket pesawat atau tarif hotel yang cukup bersaing.

Namun, saat ini tidak semua orang menggunakan layanan tersebut agen perjalanan online konsep pemesanan menggunakan situs atau aplikasi. Terutama orang-orang yang sudah tua atau tidak begitu paham teknologi.

Orang-orang dalam kategori ini cenderung memilih agen perjalanan konvensional untuk memesan tiket pesawat, kereta api, dan hotel untuk mengurus perjalanan mereka. Layanan biasanya tersedia melalui telepon, SMS, bahkan langsung ke kantor agen perjalanan.

Kondisi ini bisa jadi peluang Anda untuk memulai bisnis jasa biro perjalanan. Apalagi jika di lingkungan tempat tinggal Anda ada target konsumen yang sesuai, misalnya keluarga yang suka jalan-jalan tapi tidak mau repot dengan tiket.

Anda dapat menawarkan layanan pemesanan tiket dan hotel dengan mengandalkan situs perjalanan online yang tersedia. Harga jual bisa ditambah dengan biaya jasa yang dihitung.


5. Menjual Pulsa & Produk PPOB

Peluang Bisnis Produk Kredit & PPOB

Apakah Anda menginginkan bisnis tanpa modal sama sekali? Bisnis online PPOB dengan aplikasi Sepulsa bisa jadi solusinya!

Dengan Sepulsa, Anda dapat melakukan transaksi atau pembelian pulsa dan paket data untuk semua operator, token listrik, hingga pembayaran tagihan dari BPJS, PDAM, PLN pascabayar, Telkom, cicilan multifinance, hingga panggilan pascabayar.

Selain bisa digunakan untuk keperluan sendiri, aplikasi Sepulsa juga bisa digunakan untuk keperluan bisnis.

Usaha penjualan pulsa dan produk PPOB merupakan jenis usaha tanpa modal dengan target konsumen yang lebih luas, terutama pada rentang usia produktif.

Dulu bisnis kredit perlu mendaftar langsung ke agen besar atau pakai chip, sekarang cara berbisnis PPOB online hanya dengan smartphone, kuota internet, dan download aplikasi Sepulsa.

Agar sukses dalam berbisnis online PPOB, pastikan Anda berada di lingkungan yang sibuk, misalnya di lingkungan kampus, kantin, atau perkantoran.


6. Menjadi Pembuat Konten atau Influencer

Menjadi content creator atau influencer sebenarnya tidak membutuhkan modal sama sekali, lho.

Anda hanya membutuhkan smartphone dan ide konten yang menarik agar bisa dilihat oleh banyak orang.

Ada banyak platform yang bisa dijadikan 'ladang uang', misalnya seperti Instagram atau Youtube.

Misalnya sekarang banyak youtuber dengan gaji selangit yang awalnya hanya iseng-iseng, sering bikin video menarik atau influencer yang rajin ngambil foto OOTD yang akhirnya dipakai brand ternama.

Nah, itulah ide bisnis tanpa modal yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat anda ya!

Postingan 6 Bisnis Online Tanpa Modal Besar Cocok Untuk Generasi Milenial! muncul pertama kali di Sepulsa.